Laman

Monday, April 18, 2011

Yamaha R250 berbasis mesin R15

Di blog SpeedLoveR sendiri sudah dibahas tentang kehadiran motor sport yamaha yang akan menyaingi mesin satu silindernya Honda CBR250R. Menurut Visordown.com kemungkinan motor sport 250cc yamaha ini akan memakai basis mesin dari Yamaha R15 yang kemudian diperbesar kapasitas mesinnya menjadi 250cc lewat penggunaan piston yang lebih besar.
Jika memang benar demikian, berarti speknyapun akan mirip-mirip dengan R15, R15 sendiri memakai mesin generasi SOHC 4valve yang sudah terkenal ketangguhannya dengan diminati oleh berbagai pabrikan motor eropa semisalnya Minareli. Jika R15 memakai sistem camshaft SOHC 4 klep maka R250 pun mungkin akan sama, namun ada perubahan di segi diameter klep dan setingan(durasi-lift) dari chamshaft.
Beralih ke sistem karburasinya, jika Vixion atau R15 memakai diameter 28mm sudah tentu R250 tidaklah memakai yang sama, sudah barang tentu dikarenakan membengkaknya kapasitas mesin maka diameter  trottle-bodypun ikut melebar. SBB akan mencari perbandingan pada CBR250R yang memakai trottle-body dengan diameter 38mm, kemungkinan juga R250 akan memakai diameter yang sama/mirip-mirip.


Balik lagi ke sistem klepnya yang memakai SOHC 4 klep, itu artinya sama dengan kepunyaan jagoan Minerva siapa lagi selain megelli 250 RE/RV.... artinya si megelli tidak lagi perlu berendah hati dengan SOHCnya, Yamaha yang pabrikan motor besar saja masih percaya dengan mesin SOHC.
maaf jika perkiraan SBB ini ada yang tidk berkenan di hati pembaca/brader, mohon dipermaklumkan.... alangkah baiknya kita bahas bersama-sama....

2 comments:

  1. pertamaxx sambi lunch

    ReplyDelete
  2. @anonim
    thanks atas pertamaxx nya di blog kemarin sore ini...

    ReplyDelete