|
mesin mengambil basis VFR/RC45 |
Mungkin brader sudah pernah baca tulisan SBB di blognya
SpeedLoveR yang memberikan bayangan bagaimana sih spek motor prototipe honda-motoGp. SBB pun akan mengulangnya demi semua pembaca dari blog SBB ini:
- Konfigurasi mesin: kemungkinan besar yang dipakai Honda dalam motor 1000cc nya adalah yang bertipe V4. nah tentu brader akan bertanya-tanya kenapa harus V4 dan kenapa juga bukan V5?? masih ingatkan regulasi moto1 atau motoGp 2012 yang membatasi jumlah silindernya yang maksimal cuma 4 silinder. Selain itu sejarah Honda sendiri dengan mesin RC-seriesnya selalu main terap menerapkan, kemungkinan Honda sendiri akan mengambil basis dari mesin RC45 yang juga berkonfigurasi sama yaitu V4
- Bore x Stroke diperkirakan 80.8 x48.6... Bore 80mm?? ya dikarenakan strokenya yang 48.6 lah...!! lalu dimana nemuin 48.6?? Balik lagi ke poin pertama yaitu mengambil basic dari RC45 (750cc) V4 sudah tentu strokenya juga akan diambil yaitu 48.6mm dan borenya 70mm(RC45). Jika diterapkan ke mesin 1000cc sudah tentu bore 70mm dibore-up lagi, nah ditemukan Bore 80.8mm agar bisa membengkak menjadi 1000cc atau tepatnya 996cc.
|
motor ini yang menjadi basisnya |
Dari dua poin itu mungkin brader dapat membayangkan bagaimana mesin 1000ccnya honda ini, jika dibandingkan dengan RC45 yang kapasitas mesinnya jauh lebih kecil saja bisa sampai 190hp(fulltune), itu juga sistem klep RC45 masih mamakai pir bukan pneumatic seperti teknologinya RC212V sekarang. Plus kapasitasnya yang membengkak menjadi 1000cc... ya kebayangkan powernya... pokoknya gilaaaa....
mantap masbro
ReplyDeleteediyaan bin gahaar... hehe
ReplyDeletesugan we nepi ka 400 km/h
ReplyDelete