Laman

Friday, April 22, 2011

Era Superbike dari tahun 70'an

tampangnya takkan pernah lekang dari kemajuan jaman
Digenerasi 2000 keatas kita sudah mengenal dengan desain superbike yang sangat eksotis, model fairing yang teramat streamline, berlekuk body bagaikan lekukan model cewek cuantik. Kitapun sangat terbius dengan sosoknya yang terbilang sangat wah, akan tetapi tidak banyak orang yang tau bagaimana sih tampang superbike diawal-awal kelahirannya. Superbike sendiri diawal kemuculannya pada tahun 1969 sangatlah beda dengan superbike sekarang, malahan terkesan seperti moge touring yang tanfa ada embel-embel fairingnya.

inilah tampang kelahiran wal superbike
  •   Jaman kelahiran Superbike, 1969-1970. Diawali oleh Honda dengan CB750 dan Kawasaki dengan 750H2nya yang diluncurkan pada tahun 1969. Hingga merambah ke daratan eropa, BMW pun meluncurkan R90 ditahun yang sama dan disusul oleh pabrikan-pabrikan motor dunia lainnya, seperti Ducati, Benelli, Laverda, dan banyak lagi.

GPZ... tonggak sejarah superbike inline4

  • 1980-1989, dimana munculnya superbike-superbike baru dengan mesin baru dan juga tampang baru, ditahun-tahun inilah sebenarnya istilah superbike dikenal luas. Direntang tahun itu dikuasai oleh dua jagoan yaitu Kawasaki GPZ900R dan Honda RC30 yang sangat melegenda. liat gambar disamping, walaupun kuno namun tetap terlihat gagah

Ducati 916 menjadi rajanya
  • 1990-1999, tahun 90'an merupakan tahun jayanya superbike, balapan tidak hanya berkutat di benua eropa saja, namun merambah ke Asia, terbukti dengan ikut bagian Sentul dalam menyelenggarakan balapn ini ditahun 1997. yang menjadi penguasa di tahun-tahun ini adalah jagoan ducati, 916.


era dimana teknologi sangat berperan
  •  2000-sekarang. tahun-tahun belakangan inilah menjadi tonggak sejarah superbike dalam hal teknologi, berbagai tenlogi baru diterapkan dalam sekujur tubuh superbike. Mulai dari sistem pengabutan yang telah menerapkan injeksi programable, slipperclutch, traction control, dan banyak lagi. Dalam kejuaraan dalam 11 tahun belakangan ini pun hampir semua pabrikan rata memperoleh kampium juara dunia terkeculai kawasaki yang masih nihil. 

Dalam 40 tahun belakangan telah banyak terjadi perubahan dalam jajaran superbike, mulai dari sisi luar, mesin sampai ke sistem manajemennya telah terjadi perubahan yang teramat pesat. Jika dibayangkan apakah perubahan yang terjadi ditahun-tahun kedepannya, akankah superbike yang ditenagai  listrik akan menggantikan peran mesin dengan bahan-bakar minyak?? kita hanya sebagai saksi kemajuan jaman tanfa bisa terlibat langsung didalamnya. semoga saja kearah yang lebih baik.

2 comments:

  1. The information you have posted is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing.. indian motorcycle tours

    ReplyDelete